TUGAS 1
PENERAPAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
DI SEKOLAH
DI SEKOLAH
Tugas ini disusun
untuk memenuhi tugas Mata Kuliah
Statistik
Pendidikan dan Komputer
Dosen Pengampu :
Prof. Dr.Budi Murtiyasa
Disusun oleh :
Tasmun
Q 100160120
1C
MAGISTER
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
PROGRAM
PASCASARJANA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2016
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan
merupakan salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan
sarat perkembangan. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan
demi peningkatan efisiensi dalam pembelajaran di sekolah. Terlebih pada era
sekarang yang serba digital. Bisa dikatakan ketinggalan zaman jika di dalam
sebuah sekolah belum mempelajari ataupun memanfaatkan Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
Tantangan pendidikan pada abad ini
adalah membangun masyarakat yang berpengetahuan (knowled basedsociety) yang
dapat dibangun melalui pengintegrasian Tehnologi dan Informasi dalam proses
pembelajaran. Dalam kontek pendidikan sesungguhnya peran TIK adalah sebagai
enabler atau alat untuk memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang
efektif dan efisien, serta menyenangkan. Dalam hal ini TIK dijadikan sebagai
sarana untuk mencapai tujuan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
membawa dampak yang begitu dasyat terhadap berbagai segi kehidupan dan dunia
pendidikan diera globalisasi ini. Pembelajaran berbasis Teknologi Informantika
dan Komunikasi sangat diperlukan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) merupakan suatu kebutuhan pokok dimasa sekarang, lebih-lebih di masa
datang. Sehingga sekolahpun harus ikut menerapkan TIK dalam pembelajaran. Tapi
pada kenyataannya tidak semua sekolah mampu menerapkan TIK sebagai basis pada
sistem pembelajarannya, disebabkan beberapa faktor, untuk itu diperlukan suatu
manajemen dan strategi yang tepat agar penerapan TIK dalam pembelajaran di
sekolah dapat sejalan dengan tujuan yang telah dirumuskan.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas maka dapat ditarik rumusan masalah sebagai
berikut : “ Bagaimanakah penerapan TIK dalam peningkatan pembelajaran di
sekolah.”
C. Tujuan
Paper ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimanakah penerapan TIK dalan peningkatan pembelajaran di sekolah.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Penerapan TIK dalam Peningkatan Pembelajaran di Sekolah
Penerapan Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK), dalam sebuah pembelajaran di sekolah merupakan fasilitas
pendidikan yang mencakup sumber belajar, sarana dan prasarana lainnya, sehingga
fasilitas pendidikan harus ditekankan pada peningkatan sumber-sumber belajar
baik kuantitas maupun kualitasnya sejalan dengan teknologi pendidikan.
Dalam sebuah jurnal yang ditulis
oleh Lalith Liyanapage (2013) dinyatakan bahwa teknologi informasi dan
komunikasitelah mengubah pendidikan, menyediakan mekanisme untuk untuk mendukung
penyampaian materi, komunikasi dan interaksi. Salah satu contoh adalah adopsi
lingkungan belajar virtual (VLEs) oleh lembaga pendidikan untuk menyediakan
antar muka utama antara peserta didik, isi dan tutor. Jadi TIK memiliki peran
yang sangat penting untuk mendukung penyampaian materi serta berinteraksi
dengan peserta didik.
Menurut Mulyasa (2012), penerapan
TIK dalam, sebuah pembelajaran memungkinkan peserta didik untuk belajar tanpa
batas. Peserta didik dapat mengaplikasikan TIK dimanapun dan kapan saja
diperlukan. Bentuk pembelajaran TIK yang diterapkan disekolah menurut Budi
Raharjo dalam Zainal Aqib (2013) manfaat TIK bagi pendidikan adalah dapat
menjadi akses sumber informasi, akses narasumber dan sebagai media kerjasama.
Menurut sebuah jurnal Adu, E.O,
Ph.D. THE USE AND MANAGEMENT OF ICT IN
SCHOOLS: STRATEGIES FOR SCHOOL LEADERS Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah
menjadi kebiasaan dalam semua aspek kehidupan terutama didalam pembelajaran di
sekolah. Penggunaan TIK dalam pembelajaran memiliki teknik mengubah praktik dan
prosedur dalam pembelajaran. Pendidikan adalah kegiatanyang sangat berorientasi
sosial dan pendidikan yang berkualitas secara tradisional dikaitkan dengan guru
yang kuat memiliki derajat yang tinggi kontak pribadi dengan peserta didik.
Menurut Learia Mingaina (2013) Leadership Challenges in the Implementation
of Ict in Public Secondary School, Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)
dapat di implementasikan dan di terapkan pada pengajaran dan pembelajaran. Hal
ini melibatkan Kepala Sekolah sebagai pemimpin sekolah untuk emmimpin dalam
pelaksanaannya. Sikap positif pemimpin sekolah terhadap pelaksanaan ICT akan mendorong
komunitas sekolah untuk terlibat secara aktif dalam pelaksanaannya. Dalam
proses pelaksanaan ICT di sekolah banyak tantangan yang menghalangi dalam
menerapkan TIK yang efektif. Sehingga pemimpin sekolah harus memiliki komitmen
dan memperjuangkan pelaksanaan program TIK di sekolah-sekolah secara efektif.
Dalam menerapkan teknologi ke dalam
proses pembelajaran, para ahli meneliti dan mengembangkan berbagai media,
lanjut Woodbridge (2004). Beberapa catatan penting dari media tersebut adalah :
1. Teknologi
TIK berperan pada beberapa fungsi, pertama, menciptakan kondisi belajar yang
menyenangkan dan mengasyikkan (efek emosi), kedua, membekali kecakapan siswa
untuk menggunakan teknologi tinggi.
2. Emosi
positif, ketrampilan menggunakan teknologi dan kecakapan dalam memanfaatkan
program-program itu merupakan bekal dan menciptakan kondisi yang positif bagi
pengembangan kemampuan intelektual siswa melalui :
a. Pengembangan
kemampuan mencipta, memanipulasi dan belajar,
b. Berlatih
dengan tugas-tugas yang berbasis penyelesaian masalah,
c. Membangun
lingkungan belajar konstruktivis.
Apalagi
untuk menghadapi abad ke-21, UNESCO melalui “The International Commission on Educationn for the Twenty First
Century” merekomendasikan pendidikan yang berkelanjuitann (seumur hidup)
yang dilaksanakan berdasarkan empat pilar proses pembelajaran, yaitu :
1. Learning to know
(belajar untuk menguasai, pengetahuan)
2. Learning to do
(belajar untuk menguasai ketrampilan)
3. Learning to be
(belajar untuk mengembangkan diri)
4. Learning to live
together (belajar untuk hidup bermasyarakat)
B. Teknologi Informasi dan
penerapannya dalam pembelajaran
Perkembangan Teknologi Informatika
(TIK) yang demikian pesat telah mengubah cara pandang masyarakat, masyarakat
menganggap bahwa pendidikan tanpa TIK merupakan suatu kemunduran pendidikan,
ini terbukti betapa banyaknya masyarakat yang “mengantri” mendaftarkan
anak-anaknya untuk sekolah yang berbasis TIK.
Bahkan dari jenjang SD sampai
Perguruan Tinggi terdapat mata pelajaran TIK. Dalam kurikulum 2013, semua buku
guru dan siswa dibuat dealam bentuk PDF, itu artinya mau tidak mau, suka tidak
suka semua guru, murid dan pelaku pendidilan lainnya harus “melek” TIK. Reduit,
Mauritus (2011) mengatakan ada manfaat nyata dan terukur ketika anak-anak
menggunakan IT.
Keunggulan TIK yang diperankan oleh
internet dalam menyediakan informasi, telah membawa perubahan dalam budaya dan
tingkah laku khususnya dalam proses pembelajaran, pendidikan seperti ini
dinamakan sebagai e-Education atau e-Learning, biasanya sekolah tertentu
menyebutkan Pembelajaran berbasis Multimedia.
C. Strategi Penerapan TIK di Sekolah
Oleh karena itu dibutuhkan suatu
strategi yang mendalam dalam penggunaan TIK di sekolah agar TIK dapat
memberikan manfaat yang signifikan terhadap suksesnya pembelajaran, bukan malah
sebaliknya. Adapun beberapa strategi yang dapat di lakukan oleh pihak sekolah
adalah sebagai berikut:
1. Menyediakan
kebutuhan perangkat TIK, misalnya fasilitas komputer, proyektor LCD dan
sambungan internet yang dapat dimanfaatkan oleh guru, karyawan dan siswa.
2. Kemudahan
dalam mengakses sistem jaringan bagi guru, karyawan dan siswa,
3. Penerapan
di tingkat guru dengan cara guru diharuskan mempelajari bagaimana sistem e-learning dengan memberi pelatihan
terprogram dan berkesinambungan,
4. Menyediakan
tenaga khusus TIK yang mumpuni dibidang TIK untuk mengkoordinasi perangkat TIK,
5. Membuat
suatu sistem jaringan terpadu berbasis TIK dalam penyelenggaraan program
pendidikan misalnya pembuatan web sekolah.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Teknologi dan Informasi telah
mengubah cara pembelajaran disekolah menjadi lebih efektif dan merangsang siswa
untuk menemukan permasalahan-permasalahan melalui informasi yang semakin
berkembang. Penerapan TIK dalam pembelajaran bisa diterapkan disetiap mata
pelajaran yang ada di sekolah, selain itu dengan adanya TIK siswa dapat belajar
dimanapun dan kapanpun.
Pembelajaran berbasis TIK adalah
suatu proses pembelajaran yang diselenggarakan secara interaktif, menyenangkan,
menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi memberikan ruang yang
cukup bagi kemandirian dan perkembangan bakat, fisik serta psikologi peserta
didik.
Kecanggihan Teknologi dan Informasi
sekarang ini bagi semua pihak, baik pemerintah, lembaga sekolah, guru dan siswa
dituntut untuk dapat memanfaatkan TIK dengan maksimal, tidak ada kata malas,
ataupun alasan.
Model Pembelajaran TIK adalah
mengkomunikasikan pembelajaran terhadap anak didik secara aktif dan kreatif,
kapan saja dan dimana saja yang dapat mempermudah dalam komunikasi
pembelajaran. Sehingga diharapkan anak dapat mengakses pembelajaran dengan
cepat dan tepat.
Dibutuhkan kerjasama dari semua
pihak untuk memaksimalkan penggunaan TIK, baik dinas Pendidikan, sekolah (guru
dan siswa) dan masyarakat (orang tua).
DAFTAR PUSTAKA
Adu, E.O., Ph.D. The Use And Management Of Ict In Schools: Strategies For School Leaders
Laaria Mingaine
(2013) Leadership Challenges in the
Implementatian of Ict in Public econdary School
Evi, Maria,
Wijaya, Sintra, Lina. (2013) Evalution of
Implementation on Information
UNESCO, The International Commission on education
for the Twenty First Century
Education The Case
of Mauritius, ISSN 1948-5476, International
Journal of Education, Macrothink Institue
Communication Tecnology (ICT) in Teacher
Preparation Programme, ISSN 1948-5476, International
Journal of Education, Macrothink Institue
Mulyasa, Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Dasar, Penerbit
Enggarnet, Bandung, 2012
Zainal Aqib, Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif),
Penerbit, Repositori.upi.edu, Bandung, 2013
Terimakasih telah mengunggah karya tulisnya
BalasHapusmohon izin untuk jadikan referensi,
sangat luar biasa.
artikelnya bagus, pembelajaran teknologi memang sangat penting di zaman sekarang, kami menawarkan aplikasi absensi berbasis sms, silahkan kunjungi website kami ABSENSI SISWA
BalasHapus